16 Maret 2012

PERJALANAN STUDENTS PARTNERSHIP KE SINGAPURA DAN MALAYSIA (1)


PERJALANAN STUDENTS PARTNERSHIP PROGRAM
KE SINGAPURA DAN MALAYSIA
13 s.d. 18 Februari 2012
Minggu, 12 Februari 2012 pukul 20.00 merupakan hari yang cukup bersejarah bagi SMP Negeri 1 Ciamis. Dengan dilepas oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, bapak Akasah didampingi oleh Kepala SMPN 1 Ciamis, bapak Agus Yudhono dan Ketua Komite Sekolah, bapak Endang Supriatna serta para orang tua siswa peserta Students Partnership dan beberapa guru, SMP Negeri 1 Ciamis telah dapat memberangkatkan dan melaksanakan kegiatan Kunjungan ke Singapura dan Malaysia dengan nama program “Students Partnership” secara mandiri tanpa melalui agent atau biro-biro perjalanan. Rombongan yang terdiri dari 16 orang siswa, 4 orang guru dan 2 orang dari pengurus Komite Sekolah berangkat dengan penuh kebanggaan dan rasa tanggungjawab untuk melaksanakan misi kerjasama dengan sekolah-sekolah yang sudah lebih maju di luar negeri yaitu Singapura dan Malaysia. Sekolah yang dituju yaitu Singapore Indonesian School, Maha Bodhi School Singapore, dan SMK Sultan Ismail – Johor Baru Malaysia. Selain kunjungan kerjasama ke sekolah, rombongan juga melakukan kunjungan ke KBRI Singapura dan KJRI Johor Malaysia.

1.      Hari pertama di Singapura
Senin, 13 Februari 2012 pukul 06.15 pagi, rombongan lepas landas dengan menggunakan pesawat udara Lion Air dari Bandara Soekarno Hatta. tinggal landas di Changi Airport Singapura. Setelah selesai proses imigrasi, rombongan langsung menuju KBRI Singapura dengan bus travel yang telah di sewa sebelumnya. Sekitar pukul 11.00, rombongan tiba di KBRI Singapura. Kami diterima langsung oleh Duta Besar RI untuk Singapura bapak Andriyadi dan bapak Fachri sebagai Konsulat Pendidikan untuk Singapura di sebuah meeting room yang sudah dipersiapkan untuk menerima rombongan kami. Sambutan dan respon yang sangat baik sekali disampaikan oleh Duta Besar RI bapak Andriyadi kepada SMP Negeri 1 Ciamisyang telah bisa berkunjung ke KBRI Singapura. Kemudian bapak Fachri melakukan dialog langsung dengan para peserta selain memberikan penjelasan tentang Tugas dan Fungsi KBRI. Maka, pada saat itu terjadi tanya jawab antara bapak Fachri dengan para peserta yang ingin mengetahui tentang KBRI dan gambaran umum tentang sistem pendidikan yang dilaksanakan di Singapura.

Pada pukul 14.00, sesuai agenda yang telah direncanakan, kami menuju Sekolah Indonesia Singapura (SIS). SIS terletak di 20A Siglap Road Singapura. Sekolah ini didirikan tahun 1969. Didirikannya SIS ini ditujukan bagi putra-putri warga negara Indonesia yang bekerja atau menetap di Singapura, mulai dari tingkat TK s.d. SMA. Kurikulum yang digunakan di sekolah ini sama seperti halnya sekolah di Indonesia. Guru dan stafnya pun terdiri dari orang-orang Indonesia yang ditugaskan melalui Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia.
Tiba di SIS sekitar pukul 15.00, kami langsung disambut oleh para siswa dan guru-guru SIS di meeting room yang telah dipersiapkan untuk menerima kehadiran kami. Setelah selesai acara ceremonial dan serah terima cinderamata dari masing-masing sekolah, kami bersiap untuk melaksanakan kegiatan persahabatan. Dalam kegiatan persahabatan ini siswa melaksanakan pertandingan basket ball dan footsal, sedangkan guru melaksanakan badminton. Acara persahabatan dibuka terlebih dahulu dengan penampilan Angklung Peserta Students Partnership SMPN 1 Ciamis yang telah  dipersiapkan sebelumnya.







Kegiatan persahabatan di SIS berakhir sekitar pukul 18.00. Setelah melakukan foto bersama, selanjutnya kami meninggalkan SIS menuju penginapan yang berlokasi di Villa Changi sekitar 2 jam perjalanan dari SIS.

Tidak ada komentar: