16 Maret 2012

PERJALANAN STUDENTS PARTNERSHIP SINGAPURA & MALAYSIA (2)

Hari kedua di Singapura
Selasa, 14 Februari 2012 pukul 08.00 setelah sarapan pagi, kami sudah siap melakukan perjalanan berikutnya menuju Maha Bodhi School Singapore. Maha Bodhi School yang terletak di No. 743, Geylang Road, didirikan pada tanggal 12 Januari 1948 atas prakarsa dari suatu yayasan pendidikan agama Budha. Namun, walaupun prakarsanya berawal dari agama Budha, sekolah ini merupakan sekolah umum, dimana para siswanya bukan hanya yang beragama Budha tetapi dari agama-agama lain pun bersekolah disini.
Tiba di Maha Bodhi School sekitar pukul 08.45 (15 menit sebelum agenda yang dijadwalkan).

Seperti penerimaan di tempat sebelumnya yaitu KBRI dan SIS, di pintu gerbang Maha Bodhi School yang tinggi dan megah, kami sudah disambut menuju meeting room yang sudah dipersiapkan pula untuk kedatangan kami. Namun, di Maha Bodhi ini berbeda dengan penerimaan di KBRI ataupun di SIS yang ceremonial seperti halnya kegiatan2 penyambutan yang biasa di lakukan di Indonesia. Walaupun acara dilakukan di sebuah meeting room, namun penerimaan terasa lebih familiar, karena tidak ada acara ceremonial seperti adanya Pembawa Acara (MC), dan sambutan2 lain yang penuh formalitas. Kami langsung diperkenalkan dengan Kepala Sekolah Maha Bodhi School, dan setelah menyapa beliau  memperkenalkan tentang kondisi sekolahnya sekaligus memaparkan agenda yang sudah mereka jadwalkan untuk kegiatan kami disana, yaitu:
a)      Perkenalan sekolah di meeting room
b)      Mengenal lingkungan sekolah
c)      Masuk kelas Bahasa Inggris (bagi siswa peserta), sementara guru melakukan dialog dengan Kepala Sekolah beserta staf manajemen Maha Bodhi di meeting room.
d)     Serah terima cindera mata.

Mungkin itulah yang dirasakan agak berbeda di Maha Bodhi School. Kami diajak berdikusi dan berdialog tentang sekolah, system pembelajaran juga bertanya tentang tujuan kami berkunjung ke sana. Bahkan, setelah mereka mendengarkan tentang paparan kami, pada akhirnya mereka tertarik dan berencana untuk berkunjung ke SMPN 1 Ciamis.
Maha Bodhi School terdiri dari 4 lantai bangunan dengan difasilitasi “lift” untuk menuju lantai 2 s.d. 4, serta memiliki fasilitas pembelajaran yang sudah lengkap. Sekolah ini merupakan salah satu sekolah yang memiliki prestasi dan maju dalam kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler. Salah satu kegiatan rutin siswa yang diperkenalkan adalah kegiatan berkebun di halaman sekolah yang terdiri dari tanaman sayuran sertan tanaman-tanaman lain yang kita kenal dengan “Warung Hidup”. Setiap pagi mereka bertugas menyiram kebun tersebut secara bergiliran. Selain itu ada kolam yang di isi dengan ikan-ikan, namun untuk kolam ini mereka tidak boleh memberi makan ikan secara sembarangan.
Untuk fasilitas kegiatan pembelajaran, selain di dalam kelas ada pula tempat-tempat belajar di luar kelas. Tempat untuk kegiatan belajar di luar kelas ini telah disediakan berupa meja-meja belajar di lorong-lorong sekolah dan halaman.
                                                      Kolam
                                                            Kebun
                                        Meja Belajar di Luar kelas
Kunjungan di Maha Bodhi School berakhir pada pukul 13.00. Karena pada hari itu adalah kunjungan tunggal, sehingga masih ada sisa waktu sebelum pulang ke Penginapan. Maka kami berkesempatan untuk melakukan refreshing “City tour” ke tempat-tempat menarik di Singapura.

Tidak ada komentar: