16 Maret 2012

PERJALANAN STUDENTS PARTNERSHIP SINGAPURA & MALAYSIA (3)

Hari ke tiga di Singapura
Rabu, 15 Februari 2012 merupakan hari bebas bagi rombongan karena tidak ada agenda kunjungan formal ke sekolah. Namun, sengaja disediakan untuk lebih mengenal situasi budaya secara umum masyarakat di Singapura. Agenda kami pada hari tersebut adalah; Mengenal system transportasi MRC (sarana transportasi kereta di Singapura), Bus umum yang sitem ticketnya menggunakan City Link yang harus di TAP. Karena sistem transportasi umum di Singapura hanya ada 3 jenis yaitu: Kereta, Bus, dan Taxi. Sehingga pada hari itu kami berkeliling Singapura menggunakan alat transportasi tersebut untuk mengunjungi tempat-tempat diantaranya Sentosa, Merlion, Orchad, Beach dan tempat-tempat belanja seperti Bugis, Lucky Plaza, Little India, dll. Dengan kegiatan ini siswa jadi mengenal system transportasi di Negara maju yang sudah tidak menggunakan “Pembayaran Cash” ataupun ticket seperti yang masih dilaksanakan di negera kita.

                                                              DI MERLION

                                                    DI UNIVERSAL STUDIO

Hal yang tidak kalah penting adalah ketertiban masyarakat yang patuh dan taat aturan seperti: “Kebersihan Lingkungan” masyarakat tidak ada yang membuang sampah sembarangan sehingga lingkungan senantiasa bersih dan terpelihara keindahannya, “Budaya Antri” disetiap layanan umum masyarakat tidak mau mendahului orang yang sudah lebih dulu datang, mereka sabar untuk antri dibelakang, “Tidak Merokok di Tempat Umum” para perokok tidak berani merokok diruangan maupun tempat-tempat dimana banyak orang sedang berkerumun apalagi di dalam Bus atau Kereta, para perokok biasanya merokok di tempat terbuka atau yang ada tempat sampah.
Banyak hal yang patut dicontoh dan khususnya bagi para peserta untuk dijadikan pembelajaran sebagai generasi yang diharapkan dapat mereka aplikasikan dan diimbaskan kepada rekannya khususnya di sekolah.................................................

Tidak ada komentar: