05 Mei 2012

KE ADELAIDE, AUSTRALIA SELATAN
(2)

Keberangkatan
             Pada hari Kamis, 4 Nopember 2010 tepat pukul 09.00 pagi sebuah mobil yang saya pesan sudah berada di depan rumah, saya harus berangkat, meninggalkan istri dan anak-anak tercinta, teman-teman warga SMPN 1 Ciamis yang telah memberikan motivasi dan do’a untuk kesuksesan saya, juga terutama Kepala Sekolah bapak Agus Yudhono yang memberikan kesempatan dan dorongan sehingga saya bisa berkesempatan untuk mengikuti program ini.
            Sekitar pukul 14.00 saya tiba di Hotel Trio Bandung, saya langsung check in dan istirahat sambil berbicang dengan teman satu kamar pada waktu itu bapak Ayeh dari SMPN 5 Tasikmalaya. Pada pukul 19.30, kami mendapat pengarahan dari Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat bapak Prof. Moch. Zarkashi dan pengarahan lain tentang kegiatan dan suasana yang harus kami hadapi di Australia, mulai dari culture (budaya), cuaca dan makanan. Tentu saja informasi ini harus kami peroleh sehingga nantinya kami tidak akan terlalu kaget dengan suasana yang asing.
            Keesokan harinya hari Jum’at tanggal 5 Nopember sekitar pukul 10.30, kami berangkat dari hotel Trio di Bandung menuju Bandara Soekarno Hatta, tiba disana pukul 14.00. Sementara pesawat berangkat pukul 20.40. Jadi kami harus menunggu cukup lama di bandara.  Beruntung saat itu di bandara ada hiburan gamelan jawa dan seorang instruktur  berkenan mengajari kami menari jawa disertai gamelan tersebut. Disamping dapat mengusir kejenuhan, peristiwa ini  menjadi hiburan tersendiri  bagi pengunjung yang lain. Bahkan sejumlah turis asing ramai-ramai bergabung sehingga suasana menjadi meriah.
                                                           Menuju Soekarno-Hatta

Menunggu Flight

Bersiap Boarding Pass

Tepat pukul 20.40 pesawat air bus dengan nomor penerbangan QF 042 tinggal landas menuju Sydney dan tiba di Sydney pukul 07.50 keesokan harinya. Perjalanan Jakarta Sydney ditempuh selama  kurang lebih 8 Jam (Indonesia -  Sydney memiliki perbedaan waktu sekitar 4 jam). Setelah transit di Sydney selama kurang lebih 4 jam, kami melanjutkan perjalanan ke Adelaide dengan pesawat  lokal. Penerbangan Sydney – Adelaide ditempuh selama kurang lebih dua jam.  Dengan demikian total penerbangan Jakarta Adelaide adalah 10 jam.